Tips Memilih Peralatan Makan Bayi

Tips Memilih Peralatan Makan Bayi

Mempunyai buat hati tentu jadi anugerah terindah bagi mereka yang berumah tangga. Oleh karena itu perlengkapan bayi tentunya selalu akan dipenuhi oleh orang tua. Tumbuh kembang bayi juga harus dicermati agar si kecil tumbuh dengan sempurna. Ada tahapan khusus pada setiap usia bayi. Contohnya saja saat berusia 6 bulan, bayi sudah waktunya mulai makan tambahan untuk pendamping ASI. Ibu wajib cermat dan teliti ketika memilih makan pendamping ini.

Saluran pencernaan bayi masih belum sempurna layaknya orang dewasa, maka makanannya harus diperhatikan dengan benar. Bahan yang biasa dipakai untuk tempat makan bayi misalnya adalah elastomer, polypropylene, silikon, dan lain-lain. Material stainless steel juga dapat dipakai untuk tempat makan yang dapat menjaga temperatur.

Biasanya produk tempat makan bayi, termasuk yang berbahan plastik sudah memenuhi standar keamanan. Tetapi, Anda harus mencermati bahan karet alami atau lateks sebab beberapa bayi mungkin alergi pada bahan tersebut. Jadi, lakukan pengecekan pada bahan yang mungkin mengakibatkan bayi Anda alergi. Bahan elastomer yang biasa dipakai biasa dikenal dengan Thermo Plastic Elastomer atau TPE.

Dewasa ini, banyak yang beranggapan bahwa bahan ini tidak membuat alergi pada lateks sebab terbuat dari minyak bumi. Kesimpulannya, pada tiap produk mempunyai karakter yang tidak sama, tergantung bahannya. Ada yang sanggup menjaga suhu dingin, suhu panas, hingga yang memiliki berat ringan dan tahan lama. Pilih yang paling pas dengan kebutuhan Anda dan si kecil.

Makanan tambahan mempunyai kegunaan untuk menambah potensi anak tumbuh menjadi anak yang hebat. Ini agar anak tumbuh sempurna pada sisi emosional dan intelegensia. Organ tubuh bayi mempunyai kepekaan tinggi. Bila ritme pola makan diubah sedikit saja, hal ini dapat membuat si kecil sembelit hingga sulit tidur. Oleh sebab itu, orang tua wajib menjaga ritme pola makan bayi, khususnya ketika makan di luar rumah. Salah satu alat yang berfungsu untuk situasi tersebut yaitu tempat makan bayi.

Benda ini berfungsi untuk membawa makanan bayi ketika pergi tanpa mengganggu ritme makan. Anda juga bisa tenang memberi makan anak di mana saja. Bukan hanya itu, Anda juga tidak harus khawatir bila ketika bepergian tidak memiliki makanan yang aman untuk si kecil. Tempat makan ini juga berfungsi sebagai container atau wadah makanan di rumah, juga untuk tempat camilan, makan siang anak sekolah dan lain bagainya.

  • Peralatan Bayi dengan Label Food Grade

Ketika memilih alat makan bayi maka harus diteliti bahannya. Anda tentu tidak ingin buah hati teracuni dari bahan alat makannya. Untuk itu, ibu bijak harus tahu kualitas produk alat makan bagi si kecil. Pilih alat makan yang memiliki label food grade. Umumnya alat yang telah lulus uji dan aman dipakai akan mempunyai cap food grade. Produk alat makan ini aman dan tidak terkontaminasi bahan kimia berbahaya. Walau harganya lebih mahal tetapi alat makan ini lebih aman digunakan untuk sang buah hati

  • Jangan Pilih yang Tajam

Alat makan untuk bayi jelas tidak sama dengan alat makan dewasa. Untuk bayi memang Anda wajib lebih cermat memilih, tidak hanya dari sisi material tetapi juga dari bentuk dan modelnya. Jangan sampai bentuknya malah membuat si kecil tidak nyaman apalagi menyebabkan terluka.

Hindari produk alat makan yang tajam pada bagian tepinya. Anda pasti tidak mau bagian tersebut melukai kulit si kecil. Sebaiknya pilih alat yang tumpul dan tidak membahayakan. Contohnya saja untuk sendok dan garpu makan. Pilih yang ujungnya tidak runcing dan aman digunakan oleh si kecil.

  • Memiliki Warna Menarik

Selanjutnya Anda dapat mempertimbangkan segi motifnya agar lebih menarik. Memang bukan pilihan utama, tetapi harus dipertimbangkan untuk pilihan motif yang lucu. Dengan alat makan yang ceria dan lucu, Anda dapat mulai mengajarkan anak makan sendiri dan memegang sendok sendiri. Si kecil tentu akan lebih ceria bila motif dan warna alat makannya menarik.

  • Pilih Alat Makan dengan Bobot Ringan

Untuk peralatan makan si kecil, Anda dapat memilih yang beratnya ringan. Ini agar memudahkan si kecil saat belajar makan sendiri. Ia bisa kesulitan saat peralatan makannya memiliki bobot yang berat. Pakailah alat makan dengan bahan plastik agar mudah digenggam. Alat makan bayi yang terbuat dari plastik beratnya cenderung ringan. Keunggulan lain dari alat makan bayi bahan plastik adalah lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Pilih Tempat Makan Anti Tumpah

Selain kental atau sedikit padat, makanan bayi umumnya berkuah. Anda harus memastikan produk yang Anda beli mempunyai fitur anti tumpah, yang membuat bayi tetap dapat makan dengan nyaman ketika bepergian. Tempat makan tertutup rapat adalah poin yang wajib Anda cermati. Sejumlah produk bisa memberi informasi dengan memberikan label fitur anti tumpah atau anti bocor.

Tidak hanya itu, sekarang sudah hadir produk yang bisa menutup dengan sempurna walau pembungkus pada bagian luarnya tidak terpasang. Kuah yang tumpah dan bocor juga bisa dihindari dengan model ini. Sebelumnya, periksa ulasan pembeli lain supaya Anda dapat memilih tempat makan yang sesuai, Anda juga bisa melihat reviewnya melalui internet.