Smart Tips Memilih Makanan Sehat untuk Kucing

Smart Tips Memilih Makanan Sehat untuk Kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang paling sering kita jumpai di Indonesia. Mungkin Anda juga salah satu orang yang memelihara kucing, tetapi apakah Anda tahu makanan yang baik untuk si manis? Nah kalau belum yuk kita lihat tips memilih makanan sehat untuk kucing.

Kandungan Gizi Harus Seimbang

Walaupun seekor hewan peliharaan, kucing tetap harus diperhatikan gizi serta asupan nutrisinya setiap hari. Terkadang kita sebagai pemilik lupa atau tidak memperhatikan apa yang menjadi konsumsi kucing kita sehari-hari. Banyak kasus terjadi kucing keracunan hingga kurang gizi padahal hidup di dalam rumah.

Hal itu terjadi karena sang pemilik tidak mengerti bagaimana kandungan gizi yang tepat untuk si kucing. Makanan untuk kucing paling bagus adalah mengandung 22% protein serta 5% lemak. Tentu saja itu merupakan nutrisi yang paling ideal yang mana diatur oleh FDA (Food and Drugs Association).

Pastilah kucing kita akan mengalami kenaikan gizi serta berat badan apabila kita memberikan makanan yang memiliki nutrisi tepat. Kucing yang gendut selalu menjadi impian para pemilik kucing apalagi jika si gendut ini sangat manja kepada sang pemilik.

Jangan Hanya Diberi Dry Food

Dry food kucing yang bagus akan tetapi akan lebih bagus ketika kita juga melakukan selingan dengan wet food. Fungsi dari makanan basah adalah untuk menjaga kadar air yang ada dalam tubuh kucing, selain itu jika terlalu banyak mengonsumsi makanan kering saja kucing akan malas makan atau bisa dibilang bosan.

Kasus semacam ini sangat sering terjadi terkadang kucing kita tidak mau makan hanya karena makanannya sudah sering dimakan. Nah, untuk mengatasinya biasanya pemilik memberikan selingan makanan berupa apa makanan basah ataupun daging ayam rebus. Tentu saja kalau memilih makanan basah atau kering pasti kucing akan lebih suka yang basah.

Selain memiliki rasa yang lebih tajam makanan basah juga memiliki nutrisi yang lebih kaya. Tetapi makanan basah juga memiliki kekurangan yaitu harus langsung dihabiskan. Ketika makanan bahasa ini didiamkan mungkin sekitar 1 jam rasanya akan berubah atau akan muncul bau tidak sedap jika terlalu lama.

Maka dari itu, kita disarankan untuk memberikan makanan basah secukupnya saja sebagai selingan. Karena jika tidak bisa rasanya akan sangat disayangkan sekali. Makan dasar tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan makanan kering. Tetapi daya simpannya jauh lebih baik makanan kering daripada basah.

Berikan Vitamin dan Susu Kucing

Pemberian vitamin untuk kucing juga sangat bagus. Apalagi ditambah dengan susu khusus untuk kucing. Pasti akan banyak yang bertanya mengapa harus susu khusus kucing? Jawabannya tentu saja karena bila diberikan susu untuk manusia kucing akan mengalami diare atau sakit perut.

Niat hati ingin membuat kucing sehat justru kita membuat kucing sakit. Maka dari itu kita perlu memberikan susu khusus untuk kucing walaupun susu manusia juga ada yang cocok untuk kucing tetapi agar lebih aman berikan susu khusus. Pemberian vitamin biasanya akan menunjang ketajaman mata kucing hingga bulu kucing.

Hal yang jelas kita tidak mau terlalu ribet dalam memberikan makanan untuk kucing tetapi kita juga ingin kucing kita terpenuhi gizinya. Maka dari itulah kita bisa memberikan Proplan yang memiliki nutrisi sangat baik untuk kucing. Proplan makanan sehat untuk kucing sekaligus lezat dan disukai anabul kesayangan, Anda bisa membaca tentang produknya di proplan.co.id.