Perkembangan Bayi 2 Bulan Yang Penuh Kejutan

Perkembangan Bayi 2 Bulan Yang Penuh Kejutan

Bayi 2 bulan mungkin sedang lucu-lucunya. Dia sudah agak besar dibandingkan bayi yang baru saja lahir. Respon yang diberikan pun masih sederhana, namun bisa membuat kita bahagia. Dibandingkan dengan bayi usia 1 bulan, perkembangan bayi 2 bulan memang lebih signifikan. Anda akan melihat dia tersenyum, merespon musik yang didengarkan dan masih banyak lainnya. berat dan panjangnya pun akan semakin bertambah, untuk lebih jelasnya, kita akan membahas lengkap dibawah ini.

Perkembangan Kemampuan Motorik

Pada usia 2 bulan, bayi mulai melakukan gerakan yang teratur. Tidak seperti usia 1 bulan, yang sering terkejut. Reflek moro atau terkejut pada bayi baru lahir sudah jarang terlihat. Berikut ini perkembangan motorik yang dimiliki usia 2 bulan.

  • Sering mengisap jari tangannya untuk menenangkan diri sendiri
  • Sudah bisa membuka dan menutup genggaman tangannya. Dia juga bisa bermain dengan jarinya
  • Bayi mulai tertarik dengan benda yang mengeluarkan bunyi dan berwarna cerah. Anda bisa meletakkan mainan warna warni diatasnya
  • Mata bayi juga bisa mengikuti pergerakan objek, anda bisa mencobanya dengan meletakkan mainan di depan matanya. Kemudian gerakan kesana kemari
  • Leher bayi akan semakin kuat. Saat ditengkurapkan, dia mampu menegakan kepala hingga 45 derajat. Bayi juga bisa melakukan push up kecil dan meraih benda yang ada didekatnya.

Perkembangan Kemampuan Komunikasi

Perkembangan bayi 2 bulan mampu mendengarkan bunyi yang ada disekitarnya. Bayi juga bisa mengenali suara dari ibunya. Ia suka membuat suara bayi dan memberikan ekspresi wajah berubah-ubah. Dengan komunikasi ini, ia memberi tahu bahwa ada yang tidak nyaman. bisa karena lelah, merasa lapar, popok basah, ngantuk dan lainnya.

Perkembangan Kemampuan Sosial

Di usia 2 bulan, otak bayi akan berkembang sekitar 5 cm di awal perkembangannya. Anda bisa mencoba berbicara terus kepadanya, membacakan cerita, atau menyanyi. Walaupun tidak paham, otaknya sudah bisa mempelajari dan menyerap dengan baik. di usia ini kebutuhan tidur bayi pun akan semakin meningkat. Dia sudah mulai tidur di malam hari lebih lama. Anda harus mulai mengajarkan perbedaan siang dan malam. Sehingga dia tahu kapan waktunya tidur. Lakukan aktivitas pengantar tidur, seperti membacakan buku atau memijat bayi.

Namun ada beberapa kondisi yang harus anda waspadai. Anda harus paham red flags perkembangan bayi. Selalu lakukan stimulasi, sehingga anak mampu berkembang terus menerus. stimulasi dengan rasa yang menyenangkan. Anda harus segera membawa ke dokter, bila dia tidak bereaksi dengan suara kencang, tidak fokus melihat benda yang bergerak. Tidak tersenyum dengan orang lain dan lainnya. itulah beberapa perkembangan bayi 2 bulan yang harus anda ketahui. Sekian, semoga bermanfaat.