Pencernaan Sehat, Konsumsi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Ini

Pencernaan Sehat, Konsumsi Susu yang Baik untuk Pencernaan Anak Ini

Sebagai orang tua, kita harus mengetahui cara menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Sistem pencernaan yang sehat sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang anak. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak salah satunya adalah memberikan susu yang baik untuk pencernaan anak, nah berikut tips menjaga sistem pencernaan anak.

Pilih Susu yang Sesuai

Memberikan susu pertumbuhan pada anak usia 1 tahun ke atas memang direkomendasikan. Namun, Anda harus memilih susu yang tepat. Berikanlah susu yang memiliki kandungan serat pangan yang tinggi, minyak ikan, frukto oligosakarida (FOS), galakto oligosakarida (GOS), vitamin dan mineral.

Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk mendukung perkembangan mental anak. Sedangkan, FOS dan GOs merupakan probiotik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dengan cara memelihara bakteri baik yang ada dalam usus. Kandungan vitamin dan mineral juga berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Penuhi Kebutuhan Serat

Sebelum memberikan makanan yang berserat, pastikan Anda mengetahui kebutuhan serat anak setiap harinya. Kebutuhan serat juga tergantung dengan usia anak. Biasanya, anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan serat 16 gram setiap hari. Sedangkan anak dengan usia 4-6 tahun membutuhkan serat sekitar 22 gram setiap hari.

Anda bisa memenuhi kebutuhan serat anak dari makanan-makanan yang mengandung serat tinggi seperti apel. oatmeal, alpukat, kacang merah, yogurt dan pir. Ajaklah anak mengonsumsi serat dengan perlahan dan ajarkan anak untuk melakukan pola hidup yang sehat.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Anak harus terpenuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Dalam sistem pencernaan anak, air bermanfaat untuk memecah makanan, melarutkan mineral dan nutrisi yang ada dalam makanan, serta melembutkan tinja. Asupan cairan yang cukup berfungsi untuk mencegah terjadinya konstipasi pada anak.

Berikan Makanan yang Bernutrisi

Pemberian makanan yang bernutrisi bagi anak akan membantu mendukung perkembangan anak. Namun, Anda juga harus memperhatikan keragaman sumber makanan. Berikanlah makanan yang mengandung karbohidrat karena karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk otak yang diperlukan untuk metabolisme.

Berikan makanan sumber serat yang tinggi untuk melancarkan sistem kerja pencernaan dan menormalkan gula darah serta mencegah berbagai macam penyakit jantung. Sumber makanan berserat dapat diperoleh dari sayuran, buah, kacang-kacangan, sereal gandum utuh, dan roti gandum.

Berikan juga makanan sehat sumber protein untuk membangun dan mengamankan jaringan yang rusak. Anda bisa memberikan daging, ikan telur, susu sebagai sumber protein untuk anak. Hindari memberikan makanan cepat saji kepada anak karena makanan tersebut tidak mengandung cukup nutrisi bagi anak.

Berikan makanan sumber lemak dan sumber vitamin serta mineral untuk anak karena dapat membantu meningkatkan kesehatan anak. Anda juga bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk membantu meningkatkan selera makanan bagi anak yang susah makan.

Selain memberikan susu yang baik untuk pencernaan anak, tips di atas dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan pencernaan anak. Ajaklah anak untuk melakukan pola makan dan pola hidup yang sehat sejak dini.