Lebih Hemat dengan Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Lebih Hemat dengan Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Merawat mobil hukumnya wajib bagi pemilik mobil. Merawat bukan hanya sekadar membersihkan bagian luar atau body mobilnya saja, tetapi harus juga merawat bagian dalam mobil atau biasa disebut mesin. Banyak perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga mesin tetap baik, salah satunya dengan ganti oli mobil.

Ganti oli mobil bisa dilakukan di mana saja, namun pemilik mobil lebih mempercayakan penggantian oli mobil ke bengkel yang sudah terpercaya. Salah satu bengkel terpercaya adalah bengkel mitra Otomall.id. Di mana Otomall.id adalah layanan untuk pemesanan servis, termasuk juga ganti oli mobil, yang bisa dilakukan secara online.

Kenapa harus bengkel mitra Otomall.id dan bukan yang lain? Karena dengan menggunakan jasa bengkel mitra Otomall.id kalian akan mendapatkan banyak keuntungan. Hal ini bengkel yang sudah bekerja sama dengan Otomall.id akan memberikan harga ganti oli, dan kebutuhan servis lainnya lebih murah, dibandingkan bengkel biasa.

Kemudian, kalian akan mendapatkan garansi dari produknya 100% asli dan jasa servisnya 7 hari. Sangat menguntungkan bukan? Bukan hanya itu saja, kalian juga bisa memilih jadwal servis atau ganti oli mobil yang bisa disesuaikan dengan waktu kalian.

Namun tahukah kalian, jika kalian ingin lebih menghemat pengeluaran kalian, kalian bisa melakukan ganti oli mobil sendiri di rumah loh. Di bawah ini ada beberapa langkah ganti oli mobil sendiri.

10 Langkah Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

  1. Sediakan Oli Mobil

Cara pertama adalah menyediakan bahan utamanya yaitu oli mobil. Kalian bisa membeli di bengkel atau toko yang menjual peralatan mobil. Di sini kalian harus membeli sesuai kebutuhan dan sesuai saran buku manual mobilnya.  Tentunya harus memilih oli mobil yang berkualitas.

  1. Sediakan Peralatan

Setelah menyediakan oli mobil, sediakan juga alat – alatnya. Alat yang diperlukan adalah kunci pas, baskom, dan dongkrak. Kunci pas digunakan untuk melepas dan mengencangkan baut. Kemudian baskom digunakan untuk menampung oli yang lama. Sedangkan dongkrak ini khusus untuk mobil yang berjenis sedan, yang bagian bawahnya tidak ada banyak ruang.

  1. Sesuaikan Temperatur Mesin

Penyesuaian temperatur mesin sangatlah penting untuk menguras oli kotor. Temperaturnya harus yang ideal ya, yaitu hangat. Hal ini karena temperatur yang hangat akan membuat kotoran dalam mesin tercampur dengan oli yang kotor pada saat dikuras.

  1. Bukalah Kap Mobil dan Kenop Tempat Ganti Oli

Kap mobil dibuka agar kalian bisa membuka kenop. Kenop adalah tempat untuk mengisi oli. Jadi, jika kenop tempat ganti oli dibuka maka proses pengurasan oli kotor bisa cepat dan lancar.

  1. Buka Baut Penguras Oli

Nah, selanjutnya buka baut penguras oli. Di sinilah kunci pas digunakan. Oh ya, buka juga ringnya ya untuk mempermudah proses pengurasan. Untuk posisi baut dan ringnya ada di bawah blok mesin, jadi lumayan susah, dan harus hati – hati. Jika sudah terbuka, taruh baskom di bawah baut, agar oli kotor yang dikuras jatuhnya ke baskom.

  1. Lepas Filter Oli

Kemudian lepas filter oli. Ini juga untuk mempermudah proses pengurasan. Melepasnya juga dengan kunci pas. Setelah dilepas, filter oli harus dicek juga ya, apakah kotor dan harus dibersihkan atau justru harus diganti. Namun, disarankan ganti yang baru ya, agar filter oli berfungsi dengan optimal.

  1. Kuras Oli

Setelah baut dan filter oli dilepas, maka saatnya kini proses pengurasan berlangsung. Dalam prosesnya, kalian tidak perlu melakukan hal yang berat. Kalian hanya perlu menunggu oli kotornya mengalir ke baskom sampai tak tersisa.

  1. Tutup Baut Penguras Oli

Setelah proses pengurasan selesai, tutup kembali baut penguras oli dan ring. Setelah tertutup dengan benar, cek lagi, apakah ada oli kotor yang menetes apa tidak.

  1. Pasang Filter Oli

Selanjutnya, pasang filter oli dengan benar. Gunakanlah kunci pas. Oh ya memasangnya jangan terlalu kencang. Hal ini karena bisa membuat ulirnya rusak, dan nantinya akan ada kebocoran oli.

 

  1. Isilah Oli Baru

Langkah yang terakhir adalah mengisi oli baru. Mengisinya ke tempat tangki oli yang ada di mesin bagian atas dan harus hati – hati. Dalam pengisiannya juga harus disesuaikan dengan batas maksimal kebutuhan oli ya. Jangan sampai kelebihan apalagi kekurangan. Setelah selesai, tutup kenop dan kap. Yang terakhir panaskan mesin mobil sebentar, sekitar 3 menit.

Begitulah langkah mengganti oli mobil sendiri. Apakah kalian yang ingin mencobanya?