Kenali 6 Manfaat Olahraga bagi Anak

Kenali 6 Manfaat Olahraga bagi Anak

Olahraga merupakan salah satu kegiatan fisik yang bisa menjaga kesehatan. Baik itu untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak sekalipun. Terutama membiasakan dan mengajak anak berolahraga bersama keluarga. Memulai mengajarkan anak untuk gemar berolahraga sedini lebih baik untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat olahraga bagi anak yang bisa Anda terapkan secara terus menerus, kontinu dan disiplin.

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga terutama bagi anak dapat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Pasalnya, pada masa usia anak-anak, proses pertumbuhan dan perkembangan sangat dibutuhkan. Selain itu, dengan berolahraga dapat menjaga kebugaran tubuh anak agar tidak cenderung mengalami obesitas karena tidak pernah bergerak.

2. Lebih Rajin

Apabila Anda sebagai orangtua mengajarkan anak agar selalu olahraga, secara tidak langsung anak akan belajar mengenai kedisiplinan. Apabila anak sudah merasa disiplin, anak menjadi sadar bahwasannya anak tidak boleh bermalas-malasan lagi. Apalagi sebagai orangtua, Anda mengajak untuk berolahraga setidaknya seminggu sekali. Secara otomatis, kegiatan yang dilakukan kontinu, anak menjadi lebih terbiasa.

3. Membentuk Kecerdasan

Manfaat lain yang didapatkan dari berolahraga adalah dapat meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini dikarenakan, berolahraga yang dilakukan dengan niat yang benar dan perasaan senang dapat menyelaraskan antara tubuh dan pikiran. Selain itu, hal ini juga dikarenakan saat berolahraga dapat menggerakan badan dan berimbas pada fokus otak. Secara tidak langsung, otak akan berlatih untuk fokus mengerjakan kegiatan yang dilakukan saat berolahraga.

4. Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi

Ada berbagai macam olahraga yang melibatkan orang banyak. Saat berolahraga seperti ini, secara tidak langsung dapat mengajarkan kepada anak mengenai bersosialisasi. Selain itu juga, apabila anak berolahraga yang mengharuskan bekerja secara tim, secara tidak langsung anak akan diajarkan mengenai kesportifan dan rasa percaya diri. Tentu saja hal ini dapat menjadi manfaat yang baik terutama bagi anak yang cenderung pendiam.

5. Mengerti Makna Tujuan

Saat anak dilatih terlebih mulai dini mengenai olahraga, lambat laun anak akan terbiasa mengenai makna tujuan. Selain memberikan wawasan mengenai pentingnya berolahraga, anak bisa mencoba menerapkan konsep tujuan pada hal lain dalam hidupnya saat dewasa. Selain itu, anak juga akan terbiasa menghargai dalam menjalani suatu proses dan perlu adanya kerja keras dalam mencapai tujuan tersebut.

6. Mencegah Berbagai Masalah

Pada saat anak terbiasa dengan kegiatan berolahraga, secara tidak langsung anak akan memiliki jadwal sendiri dalam melakukan kegiatan olahraga. Hal ini dikarenakan anak mulai terbiasa dengan agenda olahraga tiap minggu misalnya. Dengan begitu, anak tidak terlalu sempat melakukan aktivitas-aktivitas yang menyimpang dari norma-norma kehidupan.

Misalnya saja dari berbagai masalah kenakalan remaja seperti kekerasan, pengrusakan, penggunaan narkoba dan lainnya. Tentu hal ini bisa diminimalisir dan dicegah dengan olahraga. Anak-anak akan terbiasa dengan padatnya jadwal rutinnya olahraga dan anak akan lebih fokus terhadap pencapaian prestasi.

Demikianlah beberapa manfaat olahraga bagi anak yang bisa Anda terapkan sebagai orangtua. Lebih baik lagi, Anda mengajak olahraga bersama karena hal ini bisa mengikat hubungan anak dan orangtua sekaligus Anda lebih memahami perasaan anak atau kisah-kisah yang dialami anak.