Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tumbuh Sempurna

Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir Agar Tumbuh Sempurna

Memelihara kucing betina biasanya terasa lebih sulit, terlebih bila belum disteril untuk menahan birahi dan mencegah terkena berbagai penyakit menular akibat perkawinan liar. Kesulitan lain ialah saat kucing betina Anda hamil dan melahirkan di rumah. Biasanya ada dua kemungkinan yaitu anak kucing sepenuhnya dirawat oleh induk, atau induk memilih cuek dan menolak merawat anaknya. Ada enam cara merawat anak kucing yang baru lahir agar proses tumbuhnya lancar.

Perawatan Dasar untuk Bayi Kucing

Anda ingin membantu sang induk dalam merawat anak-anaknya? Coba lakukanlah keenam cara di bawah ini.

1.     Biarkan di Tempat Hangat

Kucing yang baru lahir harus berada di ruang hangat. Anda bisa memberi alas kain seperti memakai handuk sebagai tempat tidur mereka. Kemudian biarkan mereka berada di tempat yang tertutup seperti kandang yang telah dilapisi kertas koran, kardus, ataupun container. Anda bisa beri tambahan lampu bohlam untuk memastikan mereka tetap hangat.

2.     Lindungi dan Jauhi dari Jangkauan Hewan Lainnya

Umumnya induk kucing gemar memindah-mindahkan anak-anaknya yang baru lahir. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena dia merasa anak-anaknya tidak aman. Usahakan menyediakan tempat di area yang sepi, tidak banyak orang berlalu-lalang, serta tentu jauh dari jangkauan hewan lainnya, termasuk sesama kucing.

3.     Biarkan Induk Selalu Ada di Dekatnya

Anak kucing hanya boleh konsumsi susu dari sang induk, atau pun susu tambahan bila memang membutuhkannya. Jadi jangan pernah jauhkan mereka dengan induknya. Biarkan sang induk selalu bisa bertemu anak-anaknya. Walau biasa kembali beraktivitas, biasanya induk rutin mendatangi untuk memberi susu.

4.     Berikan Susu Tambahan

Cara merawat anak kucing yang baru lahir berikutnya adalah dengan memberi susu khusus untuk bayi kucing. Jika jumlah anak tergolong banyak, lebih dari tiga ekor, lebih baik Anda bantu memberi susu pada bayi-bayi itu menggunakan dot kucing atau pipet. Produk susu kucing sangat beragam dan bisa disesuaikan usianya.

5.     Jangan Dimandikan dan Pegang Menggunakan Sarung Tangan

Sering sekali pemilik salah bertindak saat melihat bayi kucing yang tampak dipenuhi kutu ataupun kotor dengan memandikannya. Ini menjadi kesalahan fatal. Bayi kucing belum boleh dimandikan sebelum usianya mencapai 2 bulan.

Kesalahan ini juga bisa membuat induk tidak mau lagi mengurus anaknya karena aroma khas sang anak tidak lagi tercium. Gunakan sarung tangan bila ingin menyentuh mereka agar ‘bau manusia’ tidak menempel.

6.     Beri Makanan Bernutrisi pada Induk

Pastikan cara merawat anak kucing yang baru lahir dengan memberi makanan bernutrisi kepada induk sebagai pemberi asupan utama anak kucing. Anda bisa beri makanan untuk usia kitten yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi lebih maksimal. Bisa juga memberi vitamin dan suplemen agar kondisi tubuhnya cepat membaik, pasca melahirkan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi dalam merawat kucing.