Alat Kopi Otomatis Untuk Menyeduh Kopi

Alat Kopi Otomatis Untuk Menyeduh Kopi

Dalam mencapai kemudahan untuk membuat kopi diciptakanlah alat kopi otomatis yang membutuhkan daya listrik agar bisa menghasilkan kopi siap saji dengan cepat dan mudah. Dengan adanya mesin kopi ini tentu menjadi penemuan yang penting apalagi bagi penikmat kopi.

Mesin Alat Kopi Otomatis

Mulai dari penemuan mesin kopi otomatis pertama hingga saat ini, mesin kopi sudah mengalami banyak perubahan dan perkembangan karena perkembangan yang sudah semakin modern. Berikut beberapa alat pembuat kopi otomatis yang sering digunakan.

  1. Mesin Espresso Semiotomatis

Seiring berjalannya waktu, peminat kopi juga semakin meningkat sehingga mesin kopi juga ikut berkembang. Umumnya pada coffee shop akan ditemukan sebuah mesin espresso yang akan membantu barista untuk menyajikan kopi espresso based dengan cepat. Mesin espresso terdiri dari berbagai macam mulai dari manual, klasik, hingga profesional. Untuk harganya juga bervariasi tergantung fitur dan mereknya.

Mesin semiotomatis ini memiliki dua tipe yaitu manual control dan programmable doses. Tipe manual control memungkinkan proses ekstraksi dihentikan secara manual sesuai keinginan sedangkan tipe programmable doses yaitu mesin akan otomatis berhenti sesuai dengan waktu yang telah diatur saat kopi mencapai takaran tertentu.

  1. Mesin Espresso Superotomatis (bean to cup)

Bean to cup artinya proses membuat kopi bisa langsung memasukkan kopi dan menekan tombol. Setelah itu proses pembuatan kopi akan berjalan secara otomatis baik itu menggiling, memadatkan, dan mengekstrak kopi hingga menjadi espresso. Di mesin ini juga memiliki tombol lainnya sehingga bisa langsung menekan tombol sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pod Coffee

alat pembuat kopi otomatis lainnya yaitu pod coffee. Penggunaan alat ini tidak membutuhkan biji atau bubuk kopi namun membutuhkan kapsul kopi agar dapat diolah secara otomatishimgga menjadi secangkir kopi. Salah satu merek terkenal pod coffee yaitu NESCAFE Dolce Gusto satu paket juga dengan banyak varian kapsul NESCAFE Dolce Gusto baik itu americano, cappuccino, latte, espresso, dan masih banyak lagi.

  1. Perkolator

Perkolator menggunakan teknik dengan membuat larutan dengan cara mengalirkan pelarut melewati zat terlarut yang kemudian akan disaring. Awalnya cara memanaskan air yaitu menggunakan kompor atau tungku namun mulai dikembangkan perkolator elektrik dengan penggunaan yang lebih mudah dan ringkas. Caranya yaitu memasukkan bubuk kopi ke dalam saringan di dalam perkolator yang sebelumnya sudah diisi dengan air. Setelah itu hidupkan perkolator untuk memanaskan air.

  1. Filter Coffee Maker

Filter coffee maker atau drip coffee memiliki cara penggunaan yaitu menyiapkan bubuk kopi sesuai takaran kemudian masukkan ke dalam wadah di mesin kopi tersebut setelah itu masukkan air ke dalam tangki coffee maker. Perbandingan antara air dan kopi juga harus diperhatikan. Setelah itu nyalakan alat kopi ini hingga proses ekstraksi kopi selesai.