4 Minuman Penurun Kolesterol dan Cara Penyajiannya

4 Minuman Penurun Kolesterol dan Cara Penyajiannya

Makanan dan minuman memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh. Salah satu permasalah yang kerap kali terjadi adalah kolesterol naik. Hal tersebut bisa dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan berlemak lain. Terdapat beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu dengan minuman penurun kolesterol berikut.

Rekomendasi Minuman Penurun Kolesterol

Lawan kolesterol jahat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan juga diikuti dengan gaya hidup yang sehat pula. Misalnya seperti rutin olahraga, makan makanan berserat dan tidak merokok. Berikut ini adalah beberapa minuman yang memiliki kemampuan dalam mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh.

1. Teh Hijau

Minuman yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga. Tidak bisa dipungkiri, manfaatnya memang cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah memiliki kemampuan untuk mengurangi dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi akan membuang lemak dan meningkatkan metabolisme pencernaan.

Teh hijau dapat disajikan dalam kondisi hangat dan tanpa gula. Anda bisa meminumnya sebanyak 1 sampai 2 kali sehari. Saat setelah mengkonsumsi daging, Anda sangat disarankan untuk meminum teh hijau ini, agar kolesterol bisa tetap terkontrol.

2. Es Jeruk

Minuman yang satu pasti juga tidak asing dan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini ternyata memiliki kemampuan dalam mencegah terjadinya penumpukan kadar kolesterol LDL. Anda juga akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Olahan jeruk paling simpel memang dibuat es jeruk, namun Anda juga bisa membuat berbagai varian olahan lain. Misalnya seperti jus jeruk, jeruk peras atau yang lainnya. Mudah sekali bukan, hanya Anda bisa mendapatkan kesegaran sekaligus menyehatkan badan.

3. Jambu

Jambu merupakan salah satu buah yang juga sangat terkenal dengan khasiat yang dimilikinya. Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan serat, sehingga saat setelah mengonsumsi daging sangat bagus mengkonsumsi olahan minuman jambu. Tujuannya agar kolesterol jahat yang tadi dikonsumsi dapat ternetralisir.

Jambu paling mudah diolah menjadi jus, usahakan jangan ditambahkan dengan susu atau gula. Hal tersebut dikarenakan, susu juga memiliki potensi untuk meningkatkan kadar kolesterol jahat. Meskipun begitu, rasa dari jus jambu yang Anda buat tidak akan berkurang, asal jambu yang dipilih adalah jambu yang bagus.

4. Apel

Satu lagi minuman dari buah apel yang ternyata juga memiliki kemampuan dalam mengurangi kolesterol dalam tubuh. Olahannya pun juga sangat mudah, bisa dibuat jus ataupun sari buah apel. Kandungan pektin dan polifenol yang dimiliki apel mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sekaligus menjadi antioksidan.

Itulah tadi beberapa minuman penurun kolesterol yang mudah ditemukan dan juga mudah untuk pengolahannya. Dengan beberapa minuman diatas, kadar kolesterol dalam tubuh dijamin akan berkurang. Selain itu, cara ini dirasa lebih aman dibanding dengan menggunakan obat yang biasanya menimbulkan efek samping.