4 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Menurunkan Kolesterol

4 Kebiasaan yang Harus Dihindari untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Olahraga merupakan salah satu dari beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi, selain mengonsumsi makanan bergizi. Pemicu kolesterol tinggi juga karena pola hidup yang kurang baik.

Kebiasaan Menimbulkan Penumpukan Kolesterol

Penumpukan kolesterol disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari kebiasaan dan juga kesehatan. Salah satu penyebabnya adalah obesitas. Namun, obesitas tidak hanya terjadi karena pola kebiasaan yang buruk, tetapi juga karena keturunan dan penyakit penyerta. Kebiasaan di bawah ini bisa menimbulkan penumpukan kolesterol jika tidak diatasi:

1.     Kurang Aktivitas Gerak atau Olahraga

Jika Anda jarang bergerak dan juga selalu pada posisi yang sama, misalnya duduk terlalu lama di depan komputer, Anda berisiko mengidap kolesterol tinggi.

Bergerak seperti olahraga atau aktivitas yang lain membantu tubuh Anda membakar lemak serta menghancurkan protein sehingga tidak menyumbat pembuluh darah. Sebaliknya, jika aktivitas konsumsi makanan Anda tidak diimbangi dengan olahraga atau gerakan tubuh yang cukup, maka akan terjadi penumpukan kolesterol jahat di dalam saluran darah.

Bergerak tidak hanya olahraga berat lengkap dengan peralatannya tetapi juga membersihkan rumah secara rutin, melakukan hobi berkebun, atau hanya sekadar berjalan mengelilingi kompleks perumahan. Batasilah waktu Anda di depan komputer dengan memberikan selingan peregangan pada saat bekerja.

2.     Mengonsumsi Terlalu Banyak Alkohol

Trigliserida merupakan jenis lemak yang berada di saluran darah pada tubuh manusia. Selain dari makanan dengan tinggi lemak, trigliserida juga disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Dalam batas tertentu dan diminum secara bertanggung jawab, mengonsumsi alkohol sebenarnya tidak berbahaya. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, bahkan ketika sudah masuk pada level kecanduan, maka alkohol dapat menjadi pemicu berbagai hal berbahaya. Misalnya tekanan darah tinggi dan juga bertambahnya berat badan.

Salah satu cara menurunkan kolesterol tinggi adalah membatasi konsumsi alkohol. Anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit. Jika sulit untuk dilakukan, hubungilah dokter untuk meminta bantuan.

3.     Tidak Makan Makanan Berserat

Makanan tidak berserat, terutama yang mengandung banyak lemak bisa meningkatkan risiko penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Makanan berserat, terutama sayuran hijau, memiliki kandungan antioksida yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol dalam bentuk asam empedu.

Rajin dan sering makan sayur hijau akan membantu Anda mengurangi kadar penumpukan kolesterol. Cobalah untuk mengonsumsi sayur setidaknya tiga jenis sayuran dalam sehari.

4.     Merokok

Kandungan racun dari rokok menyebabkan penurunan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Akibatnya, kolesterol jahat bisa mendominasi pembuluh darah. Kolesterol jahat yang terkena racun rokok saat Anda menghisapnya menyebabkan peradangan pada tubuh.

Rokok juga menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat penyaluran oksigen pada jantung. Hal inilah yang bisa menimbulkan seseorang terkena serangan jantung atau jantung koroner lebih tinggi jika kecanduan rokok.

Cara menurunkan kolesterol tinggi bisa dimulai dengan mengurangi kebiasaan buruk di atas dan gantilah dengan pola hidup yang sehat.